Sistem Operasi dan Aplikasi Linux

Image

 

I. Sistem Operasi Linux

Linux dan Sejarahnya

Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer untuk computer, Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric.

Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi. Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi.

Pada awalnya, Linux dibuat, dikembangkan, dan digunakan oleh peminatnya saja. Kini Linux telah mendapat dukungan dari perusahaan besar seperti IBM dan Hewlett Packard. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan ini dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX proprietari, serta faktor keamanan dan kestabilannya dibandingkan dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka

(opensource software).                                                                  

Linux ini disebarkan secara luas dengan gratis di bawah lisensi GNU General Publi License (GPL), yang berarti source code Linux juga tersedia bagi publik. Linux dikembangkan oleh perorangan maupun kelompok yang bekerja secara sukarela. Para pengembang Linux memanfaatkan jaringan Internet untuk melakukan tukar-menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang ada. Setiap orang yang tertarik biasanya dalam pengembangan Linux ini.

Pengembangan Linux pertama kali dilakukan oleh Linux Benedict Torvalds pada tahun 1991 di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan pakar UNIX di Internet. Linux ini bisa diperoleh dari beberapa distribusi yang umum digunakan, misalnya RedHat, Debian, Slackware, Caldera, Stampede Linux, TurboLinux dan lain-lain.

Sejarah linux

UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnya Linux ke dunia ini. UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang ada saat ini. Adapun UNIX merupakan salah satu sistem operasi populer selain keluarga raksasa Microsoft (mulai dari DOS, MS 9x sampai Vista), Novell, OS/2, BeOS, MacOS dan lainnya.

Sejarah kemunculan UNIX dimulai pada tahun 1965 ketika para ahli dari Bell Labs, sebuah laboratorium milik AT&T, bekerja sama dengan MIT dan General Electric membuat sistem operasi bernama Multics(sudah pernah dengar belum?). Nah, sistem operasi Multics ini awalnya didesain dengan harapan akan menciptakan beberapa keunggulan, seperti multiuser, multiprosesor, dan multilevel filesystem. Namun pada tahun 1969, AT&T akhirnya menghentikan proyek pembuatan Multics karena sistem operasi Multics ini sudah tidak memenuhi tujuan semula. Dengan kata lain, proyek ini mengalami hambatan karena dalam kenyataannya Multics banyak terdapat bugs dan sulit sekali dioperasikan

Kenal Linus Torvalds kan? Linus dilahirkan di Helsinki, Finlandia pada tanggal 28 Desember 1969. Orang yang disebut sebagai Bapak Linux(LINus UniX) ini, sudah mengenal bahasa pemrograman pada umurnya yang ke 10. Saat itu ia sering mengutak-atik komputer kakeknya, Commodore VIC-20. Karena hobinya dalam dunia komputing, 1988 Linus diterima di Univerity of Helsinki dan pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemrograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus tidak puas terhadap sistem operasi yang ada pada PC pertamanya (MS-DOS atau Disk Operation System), OS buatan Microsoft.

Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX seperti yang dipakai komputer milik universitasnya. Akhirnya ia mengganti sistem operasi openSource Minix yang berbasiskan UNIX. Adapun Minix ini merupakan sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum, seorang professor yang menggeluti penelitian masalah OS dari Vrije Universiteit, Belanda. Adapun Minix ini digunakan untuk keperluan pengajaran dan pendidikan

Namun Linus merasa bahwa Minix masih memiliki banyak kelemahan. Dan mulai saat itu, di usianya yang ke-23, Linus mulai mengutak-atik kernel Minix. Dan ia mulai mengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBM PC. Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 hasil oprekan Linus, dan pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler. Selain itu, Linus juga mempublikasikan sistem operasi buatannya tersebut lengkap dengan source codenya, yang ternyata disambut dengan sangat antusias oleh para programmer dan developer di seluruh dunia agar dapat di develop bersamasama

Sampai saat ini, Linux dibangun oleh berbagai macam komunitas dan jangan heran apabila banyak sekali distro-distro Linux yang beredar. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, dari untuk pemula sampai tingkat lanjut, dan biasanya dengan banyaknya distro Linux yang beredar akan membuat orang awam bingung untuk memilih distro. Bayangkan, ada beratus-ratus distro yang tercipta atau bahkan beribu-ribu.

Namun perlahan tapi pasti, diantara distro-distro Linux ini ada yang menyamai (atau bahkan) melebihi kemampuan dari Sistem Operasi keluarga raksasa (Microsoft) dan dengan semakin mudahnya dan semakin lengkapnya dukungan Linux pada hardware, besar kemungkinan Linux akan menjadi alternatif (atau bahkan sistem operasi utama di dunia). InsyaAllah bila tidak ada halangan, saya akan memberikan tips-tips memilih distro Linux.

 

B. Kelebihan Linux

  1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
  3. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
  4. Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien. 

C. Linux dan Virus

 Melindungi Windows dari serangan virus dengan menggunakan Linux.

  1. Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7 % (dapat dibaca di eweek.com).
  2. Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux (sebagai penunjang informasi dapat membaca artikel “Don’t Throw That Old PC Away–Give It New Life with Linux“). Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus (perangkat keras minimum Windows Vista dapat dilihat Microsoft.com). Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.

 

D. Kekurangan Linux

1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.

2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.

3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.

4. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

 

E. Instalasi Linux

Bagi mereka yang tidak mampu untuk membeli sistem operasi Microsoft, maka Linux dapat menjadi alternatif sistem operasi yang digunakan di PC secara halal & tidak membajak perangkat lunak sama sekali. Biasanya yang paling membuat pusing kepala adalah ketakutan / ketidak mampuan dalam menginstalasi sistem operasi Linux.

Saya sendiri menggunakan sistem operasi Linux Mandrake 8.0 di PC saya berdampingan dengan sistem operasi Windows (asli). Saya harus akui sebagian sistem operasi Linux cukup sulit bagi orang biasa untuk menginstalasi-nya, akan tetapi Linux Mandrake sudah demikian mudah sekali & kemungkinan gagal-nya rendah.

Secara umum ada beberapa pilihan cara instalasi yang dapat dilakukan, Linux dapat di instalasi dengan kondisi:

  • PC sudah terinstalasi Windows dan seluruh harddisk terpakai oleh Windows. Biasanya kita menggunakan program partition magic untuk me-resize partisi Windows.
  •  PC sama sekali belum terinstalasi apa-apa, kita mulai dari nol. Seluruh harddisk masih kosong & belum terformat sama sekali. Kita bisa menginstalasi Linux secara keseluruhan, atau membagi sebagian partisi untuk Windows.

Pada kesempatan ini saya hanya memfokuskan teknik instalasi Linux Mandrake tanpa berdampingan dengan Windows sama sekali. Jika anda ingin dalam satu komputer ada Windows & Linux sekaligus, install Windows terlebih dulu baru kemudian instalasi Linux.

Sebelum instalasi Linux

  • Pastikan kita masih memiliki sisa harddisk minimal sebesar 1.5GB untuk Linux. Tidak apa apa jika harddisk tsb. sudah terformat menggunakan Windows FAT32, kita bisa mengakali agar file systemnya nanti di ubah menjadi Linux.
  • Catat baik-baik semua data teknis periferal yang ada di komputer yang kita gunakan, seperti, ethernet card (LAN card), sound card, jenis harddisk, video card. Umumnya Linux Mandrake dapat secara otomatis mendeteksi card-card tersebut, hal ini hanya untuk berjagajaga kalau Mandrake gagal mendeteksi card periferal tsb. Cara paling sederhana & gampang untuk men-check data teknis peralatan / card periferal yang digunakan adalah menggunakan Windows melalui Start _ Settings _ Control Panel _ System _ Device Manager. Klik device yang kita inginkan & catat resources yang digunakan.
  • Setting BIOS diubah agar urutan booting menjadi FDD (floppy) _ CDROM _ HDD (harddisk). Untuk memasuki setting BIOS tekan ESC atau DEL pada saat booting pertama kali & cari bagian untuk setting urutan booting.

Siapkan Partisi Untuk Linux

Bagian ini merupakan bagian yang paling seru, merupakan seni tersendiri & sangat tergantung pada kebutuhan kita maupun kondisi awal harddisk yang akan kita instalasi.

Proses setting partisi dapat dilakukan secara automatis oleh Linux atau secara manual.

Instalasi Linux

Masukan CD Linux Mandrake (CD 1) ke CD drive & booting komputer. Mohon di pastikan bahwa anda telah menset BIOS agar urutan booting adalah:

FDD (floppy) _ CDROM _ HDD (harddisk).

Jika booting dari CDROM Linux dapat dilakukan dengan baik maka anda akan melihat logo Linux Mandrake pada layar. Anda dapat langsung menekan tombol ENTER untuk melanjutkan proses instalasi.

Perlu saya ingatkan disini bahwa proses instalasi Linux, terutama bagi yang menggunakan distribusi Mandrake 8.0 sudah demikian mudahnya karenasebagian besar parameter-nya tinggal di klik OK saja karena Mandrake telahmendeteksi & menyiapkan yang terbaik. Di samping itu, sebagian parameter dapat di set ulang setelah Linux Mandrake terinstall menggunakan fasilitas

Mandrake Control Center. Oleh karenanya kita tidak perlu takut akan menderita kesulitan yang berarti untuk menginstalasi Linux. Selanjutnya akan saya overview sedikit proses yang terjadi pada saat instalasi. Terus terang, sebagian besar yang harus kita lakukan hanya menekan OK, Accept. Kalaupun kita harus menset sesuatu biasanya semua tertera dengan jelas pada layar.

Layar pertama yang akan muncul adalah menanyakan bahasa apa yang ingin anda gunakan dalam operasi Linux. Sebagian orang akan memilih bahasa Indonesia yang kebetulan di sediakan juga di Linux Mandrake.

Beberapa rekan, masih lebih menyukai untuk menggunakan bahasa Inggris karena terbiasa dengan bahasa Inggris. Tekan tombol OK untuk melanjutkan. Seperti hal-nya proses instalasi software lainnya, anda akan diminta untuk menerima perjanjian lisensi penggunakan software. Anda dapat membacanya baik-baik jika dibutuhkan & jika anda menerima perjanjian penggunaan software tersebut dapat menekan tombol ACCEPT.

Karena Linux mempunyai banyak sekali koleksi software, maka ada beberapa pilihan instalasi yang dapat dilakukan. Oleh karena itu Mandrake memberikan pilihan apakah kita akan menginstall software yang recommended saja, atau untuk expert (ahli). Pada pilihan recommended hanya software yang diperlukan saja yang akan di install. Pada pilihan expert maka banyak software lainnya yang akan di install yang biasanya hanya dibutuhkan oleh orang yang ahli Linux (bukan user biasa). Bagi para pemula saya sarankan untuk memilih recommended agar sebagian besar proses akan di otomatisasi oleh Linux.

Mungkin yang paling penting hanya pemilihan paket program yang akan digunakan, karena Linux membawa banyak sekali paket program. Tentunya sebaiknya anda memilih paket program yang anda butuhkan saja untuk menghemat harddisk. Pada dasarnya pola fikir yang digunakan tidak terlalu rumit, secara sederhana kita biasanya memfokuskan pada penggunaan workstation, server atau development. Masing-masing akan membutuhkan software yang berbeda sekali satu sama lain.

Pada saat anda mencoba-coba Linux tidak ada salahnya sebanyak mungkin software di install agar dapat dicoba berbagai hal yang berkaitan dengan Linux. Biasanya cukup salah satu lingkungan grafik yang di install (saya biasanya memilih KDE) agar tidak menghabiskan banyak ruang di harddisk. Biasanya harddisk sebesar 1.5-1.9Gbyte cukup untuk menginstall cukup banyak software termasuk source code untuk development.

Waktu instalasi semua paket software akan sangat tergantung pada jenis CD drive & komputer yang anda gunakan. Untuk komputer saya Pentium II 233MHz membutuhkan sekitar 45 menit s/d 1 jam untuk menginstall semua paket software yang saya inginkan. Pada beberapa kesempatan saya sempat menginstall di mesin Pentium III CD drive > 40x, ternyata membutuhkan hanya sekitar 5-10 menit-an untuk menginstalasi semua software yang saya butuhkan.

Setelah semua software di instalasi, anda akan di tanyakan password untuk root (user tertinggi) di mesin anda. Jangan sampai lupa password root, karena dengan root anda dapat melakukan apa saja di komputer anda ini.

Kemudian secara bertahap kita dapat memasukan user untuk komputer yang akan kita gunakan. Informasi nama, username, password untuk masingmasing user harus dimasukan secara manual satu per satu. Sebaiknya untuk penggunaan sehari-hari gunakan user non-root untuk menjaga jangan sampai kita mengubah konfigurasi system secara tidak sengaja.

Kita akan di sodorkan beberapa pilihan untuk menset layar monitor, resolusi, tingkat warna-nya dll. Biasanya semua sudah di set dengan baik oleh software DrakX. Sehingga kita hampir tidak perlu melakukan apa-apa kecuali menekan tombol OK. Untuk aman-nya pengalaman saya dalam pemilihan monitor yang di Linux, saya biasanya menggunakan setting generic untuk non-interlace monitor jika ingin memperoleh resolusi di atas 800×600..

II. Aplikasi Linux

Aplikasi Software Linux

A.    ANIMATION SOFTWARE

  1. Blender 3D

Image

       Blender 3D merupakan salah satu aplikasi pengolah grafis dengan kualitas 3D yang sangat tinggi. Bahkan aplikasi ini tidak jarang digunakan untuk memproduksi animasi 3D komersil. Dengan beragam fitur dan kelengkapan yang disediakan pada aplikasi ini, betapa beruntungnya kita karena aplikasi ini bisa didapat dengan gratis.

 

    2. Pencil (2D)

        Pencil adalah aplikasi grafis 2D yang mengolah traditional hand-drawn animations, dengan mengompilasikannya pada “page-page” yang disediakan sehingga membentuk sebuah digital flipbook.

   3. KPovModeler

Image

      KpovModeler adalah software composition/modeling untuk sarana pembuatan POV-Ray scenes, termasuk salah satu alternative Blender 3D yang cukup menjanjikan.

 

    4. Stopmotion

Merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk meng-capture dan atau mengkombinasikan foto secara bersamaan untuk menciptakan sebuah Stopmotion video yang cukup halus. Tidak hanya mampu menangani pembuatan claymation video dan sejenisnya, namun juga handal untuk pembuatan timelapsed video.

   5. Synfig (2D)

      Synfig adalah software animasi 2D gratis yang bisa anda coba, di package-nya tertuliskan “two-dimensional animation has long been the domain of proprietary software…Synfig, a free software/open source tool for producing feature-film quality animation with fewer people and resources.” Sangat menarik.

   6. Anime Studio 5 (2D)($199.99)

      Anime Studio 5 juga diplot sebagai aplikasi pembuat animasi, walaupun aplikasi ini tidak gratis seperti yang lain, namun Anime Studio 5 menghadirkan banyak sekali fitur dan performa yang sepadan dengan harga yang harus dibayarkan untuk membawanya ke komputer anda. Dilengkapi dengan import/export OBJ files, special effects scripting, layered animation, vector animation, dan advanced timeline controls.

 

B. AUDIO SOFTWARE

    Audio CD Extractor (ripper)

    Aplikasi ini pertama lebih dikenal dengan nama Sound Juicer, aplikasi CD ripper yang sangat mudah penggunaannya. Aplikasi ini juga handal dan cepat dalam proses pembuatan CD musik, interfacenya yang simpel tetap membuatnya menjadi salah satu aplikasi pengolah audio terdepan.

   Audacity (recorder)

 

   Audacity adalah salah satu yang terkenal dari sekian banyak aplikasi audio gratis lainnya. Kemampuan recording dan editor audio-nya dapat men-support hampir seluruh format file audio. Beberapa fitur unggulannya adalah record multiple channels, split channels, merge audio, dan sejumlah fitur menarik lainnya.

 

Image

   Sound Converter

   Aplikasi dari GNOME ini sangat handal dalam penanganan converter berbagai jenis file audio ke dalam bentuk mp3, wav, flac, ataupun ogg.

   Last Exit (player)

   Last Exit adalah aplikasi standalone player untuk Last.fm yang akan memudahkan anda untuk menambah dan mencari station secara lebih spesifik. Sejumlah fitur lain seperti set preferences, password protect, dan save changes juga disertakan pada aplikasi ini. 

   Hipo iPod Management Tool

   Bila perangkat iPod selalu menyertai hari-hari anda, aplikasi ini akan sangat berguna. Hipo iPod Management Tool adalah aplikasi manager untuk mengatur segala sesuatu yang anda butuhkan pada iPod anda.

   Utube-Ripper

   Anda salah satu YouTube freak? tentu anda tak akan melewatkan aplikasi yang satu ini, dengan YouTube Ripper anda bisa men-download dan menyimpan setiap video yang ada di YouTube, bahkan aplikasi ini juga memperbolehkan anda hanya menyimpan file audio-nya saja.

Image

 

   Freqtweak

   FreqTweak adalah aplikasi pengolah audio yang dapat me-manipulasi audio spectral dan menampilkannya. Dengan sejumlah proses pengolahan audio data pada frekuensi domain tertentu yang didukung dengan interaktif GUI, FreqTweak mampu menghasilkan high resolution spectral displays untuk file audio anda.

 

C. VIDEO SOFTWARE

   VLC

 

   Anda sering mendengar namanya? tentu saja, aplikasi ini memang cukup sering dipakai dan banyak juga yang menjadikannya aplikasi “must have”. Karena pada dasarnya VLC memang dilengkapi fitur yang cukup banyak, mensupport hampir semua format file video, dan pengaturan audio yang lengkap. Ringan dan mudah digunakan, merupakan alasan utama aplikasi ini banyak dicari.

 

Image 

   AcidRip

   AcidRip merupakan aplikasi simpel yang berfungsi untuk copying DVD ke dalam bentuk digital video file, dengan codec seperti XviD, x264, MPEG, dan masih banyak lagi tipe codec yang dapat diprosesnya. Di dalam aplikasi ini anda bisa menentukan ukuran file, setting audio, kualitasnya, cropping, dll.

   Avidemux

   Salah satu aplikasi editing video yang handal. Avidemux dapat digunakan untuk memberikan filter pada video, maipulasi audio dan video dengan dangat teliti, mengkombinasikan VOB, kengkombinasikan video, dan fitur-fitur editing video lainnya.

   DVD::RIP

   Sama halnya dengan AcidRip yang handal dalam pembuatan digital video melalui DVD, DVD::RIP juga sangat piawai menangani proses convert melalui ISO ataupun VOB file. Langkah-langkah dalam aplikasi ini pun sangat mudah dan cepat, cukup dengan me-load file, pilih setting video yang akan dihasilkan, dan DVD::RIP akan segera bekerja.

   Gnome Subtitles

   Edit, menambahkan, dan memanipulasi subtitle pada sebuah video adalah keahlian utama dari software gratis pengolah video ini.

   Iriverter

   Irivirter cukup simpel dan bisa digunakan untuk men-convert video dengan mudah melalui berbagai macam portable video device, seperti the Creative Vision M dan iRiver players. Single dan batch conversions dapat ditangani dengan baik.

   Wink

   Aplikasi pengolah video gratis yang dapat menghasilkan video screencasts, dapat anda pilih sebagai aplikasi pendamping anda saat membuat video tutorial ataupun presentasi. Beberapa fitur pelengkapnya juga sangat membantu dan fungsional.

   XBMC Media Center

Image

   Pernah dengar aplikasi ini? XBMC sempat meraih beberapa peghargaan, media center dengan multiple platform. Aplikasi ini sangat tangguh di Ubuntu. Keseluruhan dari aplikasi ini sangat menarik dan berkualitas tinggi, bahkan bisa dikatakan yang terbaik untuk kualitas sebuah media player yang dapat mengorganisir dan memainkan video, musik, dan foto, termasuk menampilkan preview dan cover album.

 

 D. GRAPHIC

    GIMP

Image

    GIMP merupakan alternatif dari Adobe Photoshop di Linux. Menawarkan editing dan authoring image tingkat lanjut. GIMP juga mendukung pembuatan animasi dengan berbagai jenis tool, plugins, filter, dan brush. Hampir semua yang bisa dilakukan oleh Photoshop dapat juga dilakukan oleh GIMP, walaupun pada awalnya kita harus berkenalan dahulu dengan tiap-tiap tool dan fitur yang ada di aplikasi ini.

 

   Hugin

   Hugin adalah aplikasi panorama maker yang cara kerjanya yaitu mengkombinasikan dua atau lebih foto dan menjadikannya sebuah panorama. Aplikasi ini akan sedemikian rupa memadukan warna untuk menyamarkan perbedaan antara kedua foto agar menjadi sebuah panorama yang bagus. Hugin juga menyediakan sejumlah fitur yang cukup berguna lainnya.

   Comix

   Comix merupakan salah satu aplikasi untuk penggemar komik digital. Dengan kualitas yang sangat baik, dan didukung berbagai fitur yang sangat berguna seperti double-page support, zoom, rotation, mirroring, fullscreen mode, fit-to-screen mode, image enhancement, image quality toggle, dan bookmarks, Comix layak dan harus anda miliki.

   FlickrUploader

   FlickUploader akan memudahkan anda untuk meng-upload images secara instant ke account flickr anda.

   Inkscape

Image

   Inkscape merupakan aplikasi yang sangat menarik dan patut dicoba, kegunaannya tidak jauh berbeda dengan Adobe Illustrator

    Phatch Photo Batch Processor

   Aplikasi ini sangat membantu anda dalam editing foto dengan cepat dan mudah, dengan aplikasi ini anda bisa melakukan resize, crop, rotate, add rounded corners, change perspective, dan berbagai kegunaan lain yang begitu praktis.

   QCaD

   QCaD layaknya autoCAD yang dapat ditemui di Ubuntu. Menawarkan banyak kemudahan seperti dapat men-support file dari autoCAD, maupun file sejenis lainnya.

 

E. OFFICE

   xPDF

   xPDF adalah salah satu dari PDF tool yang ada, aplikasi yang ringan dan dapat men-support standard, Truetype, dan Type 1 fonts. xPDF juga dilengkapi dengan converting PDF ke format lain yang berbeda, terdapat juga fitur multiple languages.

   AbiWord

   Untuk yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, aplikasi ringan dan mudah sekali penggunaannya, bekerja sangat baik di Linux. handal dalam pemrosesan document.

   OpenOffice Writer

Image

   Aplikasi word processing kali ini pastinya sudah pernah anda coba, aplikasi word processing high-end yang mempunyai segudang fitur dan layanan yang kita butuhkan dalam pemrosesan document. Jika anda ingin mencari pengganti MS Office, OpenOffice adalah alternatif terbaik.

    OpenOffice Spreadsheet

  Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS Excel.   OpenOffice Presentation

  Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS PowerPoint.

  OpenOffice Impress

  Fungsi dan kegunaannya serupa dengan MS Publisher.   KAddressBook

  Kaddress merupakan aplikasi personal contacts / address manager yang cukup berguna.

  KOrganizer

  Aplikasi ini dapat membantu anda mengorganisir kegiatan sehari-hari anda, dengan fungsi kalender dan pengaturan jadwal, Korganizer juga menyediakan fitur track important dates, dan add notes.

   GnuCash

Image

   GnuCash sangat berguna untuk me-manajemen keuangan, baik secara personal maupun badan usaha (bisnis). Aplikasi ini menawarkan beragam fitur seperti dapat men-support banyak tipe file semisal Quickbook files, GnuCash juga menawarkan multiple accounts, dan secara konstan mengkalkulasi balance, hampir semua yang dibutuhkan dalam me-manage keuangan anda ada disini.

    xCHM

   Sesuai namanya, xCHM berfungsi sebagai CHM HTML viewer, cocok untuk membaca HTML ebook berkapasitas besar dan sejumlah file yang di-save dalam format CHM.

 

F. UTILITIES

   GPSDrive

Image

   System navigasi yang didesain untuk bekerja dengan GPS receiver.Dilengkapi juga dengan fasilitas zoom dan display map downloaded melalui OpenStreetMap. Tentunya terpercaya dan bisa diandalkan.

    Gnome Partition Editor

   Partition Editor akan memudahkan anda untuk memanipulasi partisi yang dapat juga men-support multiple file structures.

   Virtual Box OSE

   Virtual Box merupakan aplikasi virtual machine, yang sangat membantu untuk menjalankan OS lain di Linux.

   ClamAV

Image

   Seperti kita tau ClamAV adalah anti virus yang cukup tangguh dan bekerja sangat baik di Linux.

    Gmount-ISO

   Anda pernah mendengar aplikasi Daemon? jika pernah, aplikasi satu ini tiadk jauh berbeda dengan Daemon. Tugasnya adalah mengaplikasikan file ISO baik DVD maupun CD sehingga dapat terbaca di sistem.

 

G. INTERNET

   Opera

Image

   Opera, aplikasi browser ringan yang mendukung interface launch page dan sejumlah fitur unggulan lainnya.

    Mozilla Firefox

   Tidak mungkin anda tidak tau dengan aplikasi browser yang satu ini, dari sekian banyak aplikasi browser dari Linux, inilah aplikasi yang paling terkenal hingga kini. Stabil dan didukung banyak plugin.

   Thunderbird

   Thunderbird adalah aplikasi email client dari Mozilla. Menawarkan fitur-fitur seperti multiple account access, IMAP dan SMTP, password protection, address books, dan masih banyak lagi.

   SeaMonkey

   SeaMonkey secara garis besar berbasis pada Firefox, hanya saja SeaMonkey terasa lebih stabil.

   Evolution

   Evolution merupakan aplikasi email client yang bisa ditemui di Linux, hampir terlihat sama persis seperti Microsoft’s Outlook.

   Pidgin IM

Image

   Aplikasi messaging instant yang dapat men-support ICQ, Yahoo! IRC, Zephyr, Gadu, Groupwise, SIMPLE, SILC, Sametime, Napster, MSN, dan Jabber.

    gFTP

   gFTP adalah aplikasi file transfer protocol pada Linux yang menawarkan berbagai fasilitas upload dan download.

Advertisements
By yeusinederia

One comment on “Sistem Operasi dan Aplikasi Linux

  1. Pingback: MACAM- MACAM SISTEM OPERASI KOMPUTER – agrotechnology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s